Senin, 29 November 2010

KBB # 20 : BANGKET SUSU ANEKA RASA

Jujur saja belum pernah tau yang namanya kue Bangket apalagi makan, jadi pas aku terima email dari host KBB sempet ragu dan deg deg an.....bisa ga ya menjawab tantangan ini, tapi karena dorongan dari suami juga yg ngomong kalo sudah berani masuk satu komunitas berarti harus berani pula menerima segala tantangan yang diberikan.....baiklahh...;))

Dan sebetulnya kue ini sudah aku buat seminggu setelah terima email tantangan ini, karena secara bersamaan milis NCC juga memukul genderang Bangket Week.......dan sejujurnya pula pengen ikut dua2 nya....tapi karena gojag gajeg...jadinya ga dikirim ke host bangket week. Tapi untuk KBB harus, wajib hukumnya karena ini tantangan yang harus aku kerjakan....ok let's do it...



pertama kali yang aku lakukan baca email bolak-balik, saking takutnya salah mentaati aturan main KBB kali ini.....setelah cukup paham, beralih ke resep yang akan aku pakai.......nah disini mulai bingung, tapi karena dalam email disertakan juga 2 resep.....maka tanpa pikir panjang aku pakai resep Bangket Susu.

Dari awal baca resepnya sempat bingung juga...karena disitu tidak tertera telur, jadi bisa ga adonannya dicetak yaa...tapi itu aku abaikan, mungkin memang ini kue ga pakai telur.
Langkah 1 aku ikuti dengan menyangrai tepung sagu...nah disini masalah timbul, karena belum pernah membuat jenis kukis dengan tepung yang disangrai....jadi ga tau sampai berapa lama tepungnya harus disangrai.....patokan saya cuman sampai daun pandannya kering jadi seperti keripik itu...; setelah tepung dingin berikutnya mencampur dengan bahan2 lain.



BANGKET SUSU ANEKA RASA

Bahan :
500 gr tepung sagu, disangrai.......aku pakai tep. sagu tani kemasan (bener ga sich)
100 gr margarin
150 gr gula halus
75   gr susu kental manis....aku share dengan susu bubuk full cream 25 gram.

Cara Membuat :

1) Tepung sagu disangrai dengan daun pandan, sampai harum dan daun pandan mengering kemudian dinginkan.



2) Campur dengan semua bahan, sampai adonan bisa dibentuk. Karena di resep awal hanya satu rasa, akhirnya aku tambahkan pasta Strawberry, Green Tea, Chocolate untuk variasi rasanya. 

setelah ditambah strawberry pasta
 3) Siapkan oven dengan suhu 140 derajad Celcius.

setelah ditambah Green Pasta

4) Cetak masing adonan menggunakan cetakan kukis.

5) Bakar dengan api kecil selama 10 menit.



6) Pindahkan kukis dalam wadah kedap udara setelah benar2 dingin, karena menurutku kue ini moprol sekali alias mudah rapuh.


Up date terakhir (29 Nopember 2010) :

terima email dari host KBB, laporanku telah diterima.....tengkyuuu mba2 host yang cantik jelita. nah sekarang lagi nunggu tantangan berikutnya......ciiieee gaya....

tanda kelulusan :


Tidak ada komentar:

Posting Komentar