Kamis, 19 Agustus 2010

LAPSUR PUTTEL.....

Satu lagi resep yang bisa aku bagi buat teman" pecinta baking ....LAPIS SURABAYA PUTIH TELUR...
bahan dasar masih tetap sama putih telur, karena mmg dalam minggu" ini dirumah lagi kebanjiran putih telur...

...Aku berharap resep" yang kemarin sudah aku posting itu juga bermanfaat bagi teman" pecinta baking dimanapun....

LAPIS SURABAYA PUTTEL
Source : Lezat edisi 156 th 2010

Bahan :
250 ml puttel (putih telur)
125 gr gula pasir
1/4 sdt garam
7 gr cake emulsifier (aku pake starkies)
115 gr tep. terigu protein sedang
1/2 sdt baking powder
1/2 sdt vanilli bubuk (aku pake yg crot crot ala Bara Gula-Gula)
1/2 sdt bumbu spiku (boleh di skip)
Strawberry Jam (ses. selera) secukupnya

Cara Membuat :
  1. Kocok putih telur, vanilli bubuk dan garam hingga setengah mengembang, lalu naikkan kecepatan speed sedang dan masukkan gula pasir sedikit sambil terus dikocok hingga gula habis. Masukkan cake emulsifier, naikkan kecepatan menjadi speed tinggi kocok hingga mengembang dan kental.
  2. Masukkan tepung terigu yang telah dicampur dengan baking powder, sambil diayak diatas telur aduk hingga tercampur rata. (boleh pake mixer dgn speed rendah)
  3. Bagi adonan menjadi 3 bagian. Satu bagian diberi pasta cokelat dan bumbu spiku. lalu 2 bagian lagi dibiarkan putih (boleh diberi pewarna kuning muda/ aku ga pake).
  4. Tuang adonan kedalam loyang yang telah dioles margarin dan dialasi kertas roti. 
  5. Kukus selama 25 menit hingga matang, angkat.
  6. Oles permukaan cake dengan selai, lalu tumpuk cake dan potong-potong sesuai selera.
Aku pake loyang spiku yg 3 bagian ukuran 26X24 cm.



yg sebelah kiri Lapsur Puttel......yg sebelah kanan Lapsur Kuntel (Kuning Telur)

2 komentar:

  1. Mba..aku lgs meluncur nih abis baca di milis heheh, aku copy resepnya yah..kapan2 mau tak coba lapsur putel-nya..tengkiu.. :)

    BalasHapus
  2. mba ienk.....monggo dicopy trus langsung dicoba, beneran ga mengecewakan koq....ur wellcome..^^^

    BalasHapus